BAN PT ASESMEN LAPANGAN PROGRAM STUDI D-III AKUNTANSI

Politala- Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi melakukan Asesmen Lapangan ke Program Studi Diploma III Akuntansi yang pertama kalinya, Karena Akuntansi merupakan program Studi terbaru yang berdiri tahun 2017 di Politeknik Negeri Tanah Laut. Meskipun baru dibentuk, Prodi Akuntansi  terus berupya selalu meningkatkan mutu layanan dan pendidikan demi menjadi program studi yang Unggul. Prodi akuntansi juga mengikuti jejak Program Studi Mesin Otomotif dan Teknik Informatika pada tahun 2018 yang sudah divisitasi mendapatkan predikat “B”.

Visitasi akreditasi program studi Akuntansi  ini berlangsung pada 24-25 Juni 2019. Adapun yang yang hadir dari Tim Asesor Badan Akreditasi Nasional (BAN) yaitu Theresia Tyas Listyani, S.E., M.Si dari Politeknik Negeri Semarang dan Dr. Endang Sri A, S.E., M.Si., Ak dari Univeristas Negeri Malang. Kedua  Tim asesor tersebut disambut oleh Direktur, Seluruh Wakil Direktur, Kabag, Seluruh Kasubag, Seluruh Kepala Jurusan dan Koordiantor Prodi Akuntansi Rina Pebriana, S.E., M.Comm serta para dosen dari program Studi Akuntansi dan Tenaga Kependidikan.

Dalam sambutanya Direktur Politala yakni Dr. Mufrida Zein, S.Ag.,M.Pd mengucapkan, “Selamat Datang di Politeknik Negeri Tanah Laut bagi Asesmen Lapangan dalam rangka Visitasi Prodi Akuntansi, Prodi ini terbaru di Politala dan Akreditasi yang pertama bagi prodi akuntansi”.

”Visitasi akreditasi merupakan komitmen dari civitas akademika politala untuk terus meningkatkan kualitas layanan, sehingga menjadi program studi yang lebih baik  sesuai harapan masyarakat”, Imbuh Mufrida dalam sambutanya

Dalam proses visitasi ini, tim asesor akan melakukan klarifikasi isi borang yang mereka terima dengan melihat secara faktual terutama terkait dengan fasilitas pembelajaran. Hasil dari peninjauan nantinya akan diserahkan kepada pusat BAN- PT untuk menilai hasil dari hasil Asesor yang datag di Politala. Pada kesempatan yang sama, Direktur telah menjelaskan pihaknya telah melakukan persiapan dalam rangka reakreditasi ini.

Tim asesor selain melakukan komunikasi, tanya jawab dan pemeriksaan bukti fisik kegiatan akademik di Kampus, Prodi, Alumni, stakeholder yang bekerjasma dengan Prodi Akuntansi dan juga melakukan peninjauan pada sarana kampus yang ada di Gedung Akuntansi seperti ruang perkuliahan, perpustakaan, laboratorium serta biro-biro dan prasarana penunjang lainnya.

Proses visitasi berguna untuk meningkatkan mutu pengelolaan akademik di instansi kependidikan agar lebih baik lagi kedepannya. Verifikasi dan validasi dilakukan oleh kedua asesor terhadap data yang telah tertulis di borang yang diajukan 7 standar yakni Standart 1 : Visi misi tujuan sasaran dan strategi pencapaian, Standart 2 : Tata Pamong, sistem pengelolaan, penjaminan mutu Standart 3: Kemahasiswaan dan lulusan, Standart 4: Sumber Daya Manusia, Standart 5 :  Kurikulum, pembelajaran dan suasana akademik, Standart 6 : pembiayaan,sarana prasarana dan sistem informasi, Standart 7 : Penelitian,pengabdian kepada masyarakat,kerjasama beserta borang yang menggambarkan kondisi nyata program studi Akuntansi  merupakan berkas-berkas yang diakses oleh kedua asesor.

Akreditasi prodi D3-Akuntansi nantinya mengharapakan Predikat yang terbaik, demi kemajuan prodi itu sendiri. Akreditasi Program Studi Akuntansi akan disahkan melalui SK BAN-PT. Kegiatan ini merupakan kegiatan wajib yang harus dilakukan oleh program studi maupun Perguruan Tinggi sebagai sebuah instansi pendidikan. (HumasPolitala)